8 Perangkat Inovatif yang dapat “Mengubah Dunia”


Perkembangan teknologi telah menghasilkan puluhan ribu perangkat inovatif. Dari semuanya itu, tentunya ada beberapa perangkat yang menduduki posisi teratas sebagai penemuan yang terinovatif.
Produk-produk tersebut tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer, tetapi juga dunia otomotif.
Dari sekian banyak produk yang ada, berikut beberapa perangkat yang dianggap sebagai produk terinovatif, seperti dikutip dari kompas.com

1. Walkman, senjata andalan untuk mendengarkan musik di mana saja
Walkman merupakan gadget mainstream pertama yang diperkenalkan pada tahun 1979 atau 1980 di beberapa wilayah tertentu. Dengan menggunakan perangkat ini, pengguna bisa mendengarkan musik di mana saja, termasuk saat berolahraga atau di dalam mobil. Walkman menggunakan media kaset berpita.
Produk ini disebut inovatif karena membuat para penggunanya mampu menikmati musik di mana saja, bahkan 30 tahun sebelum hadirnya perangkat pemutar file multimedia buatan Apple, iPod.

2. Kinect, membuat standar baru dalam bermain “game” konsol
Microsoft merilis Kinect sebagai aksesori konsol game Xbox 360 pada November 2010 yang lalu. Aksesoris ini begitu laris di pasaran karena memperkenalkan cara bermain yang baru. Pengguna sudah tidak perlu lagi menggunakan controller untuk bermain. Sebagai gantinya, semua anggota tubuh pemain dapat digunakan untuk bermain game.
Sebelum Kinect dirilis, memang ada konsol buatan Nintendo, Wii, yang menawarkan konsep permainan menggunakan gerak tubuh. Namun, konsol tersebut tetap menggunakan controller untuk permainan.
Kinect disebut inovatif karena menawarkan berbagai hal baru, bahkan di luar kepentingan gamingsendiri, di masa yang akan datang. Bayangkan apabila pengguna bisa mengubah saluran TV hanya dengan menggunakan gerakan tangan atau suara.

3. Google Glass, perangkat komputer yang dipakai di tubuh manusia pertama yang mendapatkan perhatian
Pernah menonton serial televisi fiksi Star Trek? Beberapa karakter dalam film populer ini banyak menggunakan kacamata canggih yang dapat menampilkan data-data.
Di saat kebanyakan orang masih berangan-angan untuk memiliki perangkat semacam ini, Google telah berhasil membuat produk kacamata ini. Dengan konsep yang sama dengan produk masa depan ala film sci-fi, produk yang akhirnya disebut Google Glass ini mampu menarik perhatian begitu banyak orang.
Produk ini dianggap inovatif karena mampu menawarkan begitu banyak hal baru dalam kehidupan. Pengguna bisa merekam apa yang bisa dilihatnya, mencari data hanya dengan menggunakan suara, hingga video call hanya dengan menggunakan kacamata.

4. iPhone, ponsel pintar yang tidak dilengkapi dengan begitu banyak tombol
Pada saat iPhone diluncurkan pada Juni 2007 lalu, belum begitu banyak perangkat yang dilengkapi layar sentuh dengan sedikit tombol. Perangkat ini menggebrak dengan layar yang cukup besar pada masa itu dan hanya dipersenjatai satu tombol saja.
Perangkat ini disebut inovatif karena mampu menggabungkan layar sangat responsif, pemutar filemultimedia, dilengkapi kemampuan untuk berselancar di dunia maya, dan form factor menarik, yang akhirnya menjadi standar dari ponsel pintar yang beredar saat ini.

5. Mobil Google, mobil dengan pengemudi “hantu”
Google tidak hanya mengerjakan proyek yang berkaitan dengan dunia internet dan gadget saja. Perusahaan raksasa internet ini juga membuat produk mobil. Hebatnya, mobil ini bisa berjalan sendiri, tanpa perlu adanya pengemudi. Mobil ini dilengkapi semacam komputer yang mampu mengendarai mobil ini.
Mobil ini disebut inovatif karena apabila sistem berjalan dengan sempurna, mobil ini mampu menghindarkan penggunanya dari kecelakaan yang disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti kelelahan atau kesalahan pengemudi.

6. iPad, era tablet pun dimulai
Ya, ada beberapa tablet yang diluncurkan, bahkan sebelum iPad lahir ke dunia. Namun, siapa yang mencari produk macam ini saat iPad belum dirilis ke pasaran?
Tablet ini dianggap inovatif karena, sama seperti iPhone, menetapkan standar tablet, baik fungsi maupun bentuk.

7. Solid State Drive, komputer akan semakin cepat
Ya, harganya memang mahal. Kapasitasnya pun tidak terlalu besar. Namun, ia menawarkan suatu hal yang tidak bisa ditawarkan hard disk tradisional. SSD mampu membuat kecepatan boot Windows dan sistem operasi lain meningkat drastis. Sebagai contoh, Windows 7 dapat masuk ke Home hanya dalam waktu di bawah 10 detik.
Produk ini akan menjadi inovatif saat harganya turun. Tentunya produk tersebut akan menjadi hard disk tradisional, yang mampu membuat sistem komputer meningkat jauh.

8. Cloud Computing, akses data dari mana saja
Ketinggalan hard disk eksternal atau flash disk, padahal ada data penting yang sedang dibutuhkan? Jawaban untuk permasalahan ini adalah teknologi cloud computing. Asalkan ada internet, pengguna dapat mengakses data-data di mana saja.
Cloud computing inovatif karena pada saat koneksi internet semakit cepat, pengguna akan dapat mengunggah data semakin besar dengan cepat.

Related Posts:

0 Response to "8 Perangkat Inovatif yang dapat “Mengubah Dunia”"

Post a Comment